LAPORAN
PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN
APLIKASI BERGERAK
MODUL
III
USER
INTERFACE I
Disusun Oleh :
NAMA : Dadan Ramdani
NIM : 2009081051
KELAS : TI 2009 C
LABORATORIUM
KOMPUTER
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS
KUNINGAN
2012
MODUL
III
USER
INTERFACE I
I.
Teori
JAVA GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namun
disini GUI pada JAVA adalah salah satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan
suatu aplikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya akan disesuaikan
dengan kebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar. Intinya, GUI pada
Java adalah komponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen
navigasi, graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar
interface dan semuanya itu dirancang dengan penelitian yang baik, dimana
nantinya aplikasi tersebut dapat dengan mudah dioperasikan user. Banyak sudah
aplikasi yang telah Java kembangankan dengan menggunakan GUI sebagai nilai
penggunaan dan nilai jual. Software perangkat lunak dan keras juga termasuk di
dalamnya. Java GUI adalah program pengembangan suatu user interface dengan
mengetengahkan graphic sebagai penghubung user dengan sistem, sehingga mudah
dalam implementasi aplikasi sistem tersebut.
II.
Praktikum
v Membuat
aplikasi MIDlet untuk menampilkan TextBox dan beberapa fungsi yang dapat
dijalankan didalamnya. Buat project dan kelas dengan nama FirstTextBox.java
FirstTextBox.java
// mengimport
library MIDlet
import
javax.microedition.midlet.*;
import
javax.microedition.lcdui.*;
// deklarasi kelas
utama program
public class
FirstTextBox extends MIDlet implements CommandListener {
// deklarasi
variabel
private Display
display;
private
TextBox tbClip;
private Command
cmExit, cmStartMark, cmCopy, cmPaste, cmCut;
private int
beginOffset = 0;
private char[]
clipBoard = null;
private int
clipBoardChars = 0;
// mendefinisikan
construktor
public
FirstTextBox(){
display =
Display.getDisplay(this);
//instansiasi objek
cmExit = new
Command("Exit", Command.EXIT, 1);
cmStartMark = new Command("Mark",
Command.SCREEN, 2);
cmCopy = new
Command("Copy", Command.SCREEN, 3);
cmPaste = new
Command("Paste", Command.SCREEN, 4);
cmCut = new
Command("Cut", Command.SCREEN, 5);
tbClip = new
TextBox("Clip Board", "",156, TextField.ANY);
tbClip.addCommand(cmExit);
tbClip.addCommand(cmStartMark);
tbClip.addCommand(cmCopy);
tbClip.addCommand(cmPaste);
tbClip.addCommand(cmCut);
tbClip.setCommandListener(this);
clipBoard = new
char[tbClip.getMaxSize()];
}
public void
startApp(){
display.setCurrent(tbClip);
}
public void
pauseApp(){
}
public void
destroyApp(boolean unconditional){
}
public void
commandAction(Command c, Displayable s) {
if (c ==
cmStartMark){
beginOffset =
tbClip.getCaretPosition();
}else if (c ==
cmCopy &&(tbClip.getCaretPosition() > beginOffset)){
char[] chr = new
char[tbClip.size()];
tbClip.getChars(chr);
clipBoardChars =
tbClip.getCaretPosition() - beginOffset;
System.arraycopy(chr,beginOffset,clipBoard,0,
clipBoardChars);
}else if (c ==
cmPaste){ if ((tbClip.size() + clipBoardChars) <= tbClip.getMaxSize())
tbClip.insert(clipBoard,
0, clipBoardChars, tbClip.getCaretPosition());
}else if (c ==
cmExit){
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}else
if((c==cmCut)&&(tbClip.getCaretPosition()> beginOffset)){
char[] chr = new
char[tbClip.size()];
tbClip.getChars(chr);
clipBoardChars =
tbClip.getCaretPosition() - beginOffset;
System.arraycopy(chr,beginOffset,clipBoard,
0, clipBoardChars);
tbClip.delete(beginOffset,(tbClip.getCaretPosition()-
beginOffset));
}
}
protected void
keyPressed(int keyCode) {
System.out.println("begin
: " + beginOffset + " now : " + tbClip.getCaretPosition());
}
}
v Simpan
kode program dan buka jendela wireless toolkit.
v Eksekusi
program.
Analisis
:
Pada outputnya ditampilkan layar untuk menuliskan string. Dan
terdapat menu yang dapat digunakan untuk mengkopi, menempelkan dan memotong
string tersebut.
v Membuat
aplikasi MIDlet untuk menampilkan berbagai tipe alert. Buat project dengan nama
project dan kelas FirstAlert.
FirstAlert.java
// mengimport library MIDlet
import
javax.microedition.midlet.*;
import
javax.microedition.lcdui.*;
// deklarasi kelas
utama program
public class
FirstAlert extends MIDlet implements CommandListener{
// deklarasi
variabel
Display display;
List list;
Image img;
Alert alAl, alCo,
alEr, alIn, alWa;
Command cmExit;
// mendefinisikan
construktor
public FirstAlert()
{
display =
Display.getDisplay(this);
try {
img =
Image.createImage("/img.png");
} catch
(java.io.IOException e) {
}
cmExit = new
Command("Keluar", Command.EXIT, 1);
list = new
List("First Alert", List.IMPLICIT);
list.append("ALARM",
img);
list.append("CONFIRMATION",
img);
list.append("ERROR",
img);
list.append("INFO",
img);
list.append("WARNING",
img);
list.addCommand(cmExit);
list.setCommandListener(this);
display.setCurrent(list);
alAl = new
Alert("ALARM", "Alert ALARM", null, AlertType.ALARM);
alAl.setTimeout(Alert.FOREVER);
alCo = new
Alert("CONFIRMATION", "Alert CONFIRMATION", null, AlertType.CONFIRMATION);
alCo.setTimeout(Alert.FOREVER);
alEr = new
Alert("ERROR", "Alert ERROR", null, AlertType.ERROR);
alEr.setTimeout(Alert.FOREVER);
alIn = new
Alert("INFO", "Alert INFO", null, AlertType.INFO);
alIn.setTimeout(Alert.FOREVER);
alWa = new
Alert("WARNING", "Alert WARNING", null, AlertType.WARNING);
alWa.setTimeout(Alert.FOREVER);
}
public void
startApp() {
}
public void
pauseApp() {
}
public void
destroyApp(boolean unconditional) {
}
public void
commandAction(Command c, Displayable s){
if (c ==
List.SELECT_COMMAND){
switch
(list.getSelectedIndex()){
case 0:
display.setCurrent(alAl);
break;
case 1:
display.setCurrent(alCo,
list);
break;
case 2:
display.setCurrent(alEr);
break;
case 3:
display.setCurrent(alIn,
list);
break;
case 4:
display.setCurrent(alWa);
break;
}
}else if(c ==
cmExit){
exitMIDlet();
}
}
public void
exitMIDlet() {
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
};
v Simpan
kode program. Dan buka aplikasi wireless toolkit.
v Eksekusi
program
Analisis
:
Pada outputnya ditampilkan layar. Ketika menu launch dipilih,
user akan dibawa kemenu selanjutnya, dan terdapat beberapa pilihan. Ketika
salah satu dipilih, akan masuk ke tampilan menu tersebut dan ada efek sound
yang diberikan.
v Membuat
aplikasi MIDlet Sound alert yang dapat memainkan berbagai suara yang
dikeluarkan oleh alert tanpa harus mengeluarkan alert. Buat project baru dengan
nama project dan kelas SoundAlert.
SoundAlert.java
//
mengimport library MIDlet
import javax.microedition.midlet.*;
import
javax.microedition.lcdui.*;
// deklarasi kelas
utama program
public class SoundAlert extends
MIDlet implements ItemStateListener, CommandListener {
// deklarasi variabel
private Display
display;
private Form fmMain;
private Command
cmExit;
private ChoiceGroup
cgSound;
// mendefinisikan
construktor
public SoundAlert()
{
display =
Display.getDisplay(this);
cgSound = new
ChoiceGroup("Choose a sound", Choice.EXCLUSIVE);
cgSound.append("Info",
null);
cgSound.append("Confirmation",
null);
cgSound.append("Warning",
null);
cgSound.append("Alarm",
null);
cgSound.append("Error",
null);
cmExit = new
Command("Keluar", Command.EXIT, 1);
fmMain
= new Form("");
fmMain.append(cgSound);
fmMain.addCommand(cmExit);
fmMain.setCommandListener(this);
fmMain.setItemStateListener(this);
}
public
void startApp()
{
display.setCurrent(fmMain);
}
public
void pauseApp()
{
}
public
void destroyApp(boolean unconditional)
{
}
public
void commandAction(Command c, Displayable s)
{
if
(c == cmExit)
{
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
}
public
void itemStateChanged(Item item)
{
switch
(cgSound.getSelectedIndex())
{
case
0:
AlertType.INFO.playSound(display);
break;
case 1:
AlertType.CONFIRMATION.playSound(display);
break;
case 2:
AlertType.WARNING.playSound(display);
break;
case 3:
AlertType.ALARM.playSound(display);
break;
case 4:
AlertType.ERROR.playSound(display);
break;
}
}
}
v Simpan
kode program. Buka aplikasi wireless toolkit.
v Eksekusi
program
Analisis :
Pada outputnya
ditampilkan layar menu soundAlert. Ketika menu dipilih, user dibawa ke menu
selanjutnya. Disana terdapat beberapa menu soundAlert. Ketika salah satu
dipilih, akan dibunyikan suara dari masing-masing alert.
KESIMPULAN
Jadi GUI sangat jelas kaitanya dengan kegiatan
penggunaan suatu aplikasi dalam komputer yang sering digunakan. Dalam hal ini,
GUI mempermudah user dalam penggunaannya, dengan tampilan yang friendly seta
ergonomis, user dengan mudah dapat menyesuaikan aplikasi-aplikasi karena GUI
membantu didalam interface yang dapat dipahami penggunaannya. Sehingga antara
user dan sistem, tidak terjadi misscommuncation dalam menerapkan sistem
komputerisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar