LAPORAN
PRAKTIKUM
PEMROGRAMAN
APLIKASI BERGERAK
MODUL
I
PEMBUATAN
MIDlet
Disusun oleh :
Nama : Dadan Ramdani
NIM : 2009081051
Kelas : TI 2009 C
LABORATORIUM
KOMPUTER
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS
KUNINGAN
2012
MODUL
I
PEMBUATAN
MIDlet
1)
Landasan Teori
Aplikasi yang dibuat dengan menggunakan
J2ME dengan standar MIDP disebut MIDlet. Kumpulan dari beberapa MIDlet disebut
MIDlet Suite. Untuk membuat
MIDlet diperlukan satu kelas yang menjadi turunan dari kelas
java.microedition.midlet.MIDlet.
MIDlet mempunyai siklus hidup/life
cycle. Suatu MIDlet setelah diciptakan akan berada di salah satu status (active, paused, destroyed). Begitu
obyek suatu MIDlet diciptakan akan memasuki status paused menunggu perintah berikutnya. MIDlet memasuki status active ketika setelah method startApp() dipanggil. MIDlet
akan kembali ke status pause jika method
pauseApp() dipanggil. Setelah semua proses di dalam MIDlet selesai
dilakukan dan MIDlet dimatikan maka MIDlet berada dalam status destroyed. Status destroyed ini dimasuki MIDlet pada
pemanggilan method destroyApp(boolean).
Gambar 1 Siklus hidup (Life Cycle) MIDlet
2)
Praktek
1.
Jalankan J2ME wireless
toolkit, yaitu dengan memilih menu start à
programs à J2ME wireless toolkit à
Ktoolbar.
2.
Setelah itu muncul jendela
J2ME wireless toolkit.
3.
Buat sebuah project
baru dengan memilih menu File | new project, sehingga akan muncul kotak dialog
untuk melakukan input nama project dan nama kelas dari MIDlet yang akan dibuat.
Isi dengan nama praktikum1 dan nama class MIDlet HelloMIDlet
4.
Pilih tombol create
project, dan lakukan setting dari project yang akan dibuat pada form yang
ditampilkan
5.
Klik OK dan akan tampil
pesan berikut
6.
Ketik sintak program
berikut.
import
javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class HelloMIDlet extends
MIDlet {
private Display display;
public HelloMIDlet() {
display=
Display.getDisplay(this);
}
public void startApp() {
TextBox tb=new
TextBox("Hello MIDlet","Hello J2ME Salam
Kenal....!",256,0);
display.setCurrent(tb);
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean
unconditional) {
}}
7.
Simpan dengan nama
HelloMIDlet.java
8.
Compile file dengan
memilih menu Project | build pada Ktoolbar
9.
Jalankan program dengan
memilih menu Project | run
10.
Untuk menjalankan
MIDlet klik launch
3)
Tugas
Buat program untuk
menampilkan biodata dari mulai NIM, Nama, Kelas, Prodi, Fakultas, IPK, Hobby,
Motto.
Jawab :
import javax.microedition.midlet.*;
import javax.microedition.lcdui.*;
public class biodata extends MIDlet {
private Display display;
public biodata() {
display= Display.getDisplay(this);
}
public void startApp() {
TextBox tb=new
TextBox("BIODATAKU","NIM :
2009081051\n Nama : Dadan Ramdani\n Kelas :TIC 2009\n Prodi : Teknik Informatika\n Fakultas : Ilmu KOmputer\n IPK :
3,40\n Hobby : Olah Raga\n Motto : Talk Less Do More",256,0);
display.setCurrent(tb);
}
public void pauseApp() {
}
public void destroyApp(boolean
unconditional) {
}
}
1.
Simpan dengan nama
biodata.java
2.
Compile file dengan
memilih menu Project | build pada Ktoolbar
3.
Jalankan program dengan
memilih menu Project | run
KESIMPULAN
1.
File pada J2ME disimpan
pada directori : C:\WTK21\apps\Praktikum1\src
2.
Setelah sintak diketik
pada teks editor, file dikompile dan dijalankan pada J2ME wireless toolkit.
3.
MIDlet mempunyai siklus
hidup/life cycle. Suatu MIDlet setelah diciptakan akan berada di salah satu
status (active, paused, destroyed).
4.
MIDlet adalah bagian
dari package javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan
class MIDlet.
5.
Suatu MIDlet tidak
harus memiliki (dan memang harus tidak mempunyai) sebuah method public static
void main(String[] argv).Method tersebut tidak akan dikenal lagi oleh AMS
sebagai titik awal sebuah program.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar